NHW#7 Tahapan Menuju Bunda Produktif

Setelah di minggu-minggu sebelumnya kita diberi dasar tentang materi bunda sayang dan bunda cekatan, materi minggu ketujuh ini tentang bunda produktif. Di sini kita diminta untuk mencari passion kita dimana, apa aktivitas atau bidang yang bisa membuat mata kita berbinar-binar. Sebagai seorang ibu kita juga harus produktif, walaupun produktif di sini tidak selalu berkaitan dengan materi. Yang penting, apakah ada aktivitas amalan kita yang bisa meningkatkan kemuliaan hidup kita dan keluarga?

Menjadi seorang dokter sebetulnya bukan cita-cita saya dari kecil, keinginan itu muncul baru sejak SMA. Seiring dengan berjalannya waktu ketika kuliah kedokteran, saya mulai bisa memilah mana bidang yang saya sukai dan yang tidak. Saya mulai menyadari selama kuliah, sebetulnya saya tidak begitu tertarik di bidang klinis kedokteran, saya lebih tertarik ke bidang kesehatan masyarakat. Setiap kali ada kuliah Public Health, saya sangat antusias. Saya membayangkan nanti kedepannya saya ingin berkecimpung dalam bidang kesehatan masyarakat. Saya ingin mengajak lebih banyak masyarakat untuk bisa hidup sehat, bukan hanya sekedar mengobati penyakit. Karena bagi saya, bisa mengajak 1000 orang untuk bisa hidup sehat lebih membuat bahagia ketimbang menyembuhkan 1 orang dari sakitnya. Tapi Qodarullah, saya ditempatkan di rumah sakit yang notebene orientasinya adalah ke pelayanan yang bersifat kuratif, bukan promotif atau preventif. Apa daya, sekarang saya hanya bisa menjalani apa yang diamanahkan kepada saya dengan sebaik mungkin, sekalipun tidak membuat saya berbinar-binar.

NHW#7 kali ini menyuruh kita untuk talent mapping, cari potensi bakat kita ada dimana melalui situs Temu Bakat. Bukan kali pertama sebetulnya saya melakukan tes potensi diri. Sebelumnya saya juga pernah tes kepribadian dan kecerdasan di mypersonality.info.Hasilnya bisa dilihat di sini. Perbedaannya saya rasa di temubakat.com lebih mengarah ke bakat yang berhubungan langsung dengan profesi. Sementara di mypersonality.info lebih digali lagi jenis kepribadian kita dilihat dari sisi psikologinya. Hasil talent mapping saya di temubakat.com seperti ini:

temubakat

Sepertinya potensi kekuatan saya sebagai caretaker sesuai dengan pekerjaan saya sekarang. Walaupun potensi kekuatan yang lain tidak bisa terlalu diterapkan pada pekerjaan kali ini. Saya memang menaruh minat besar pada bidang pendidikan. Saya suka mengajar sebetulnya, atau jika harus disesuaikan dengan profesi sekarang, memberikan penyuluhan kesehatan. Karena saya di RS, kesempatan untuk mengedukasi ada, lebih bersifat personal, walaupun waktunya terbatas. Sementara saya menginginkan yang lebih dari itu, saya ingin suatu hari nanti bisa mengedukasi lebih banyak orang secara lebih terbuka. Oleh karena itu, di NHW sebelumnya, saya bercita-cita beberapa tahun ke depan saya ingin menjadi seorang promotor kesehatan. Jika dilihat dari strength cluster, sepertinya bakat saya seimbang ya..walaupun berdasarkan yang saya rasakan pribadi, saya merasa lebih menonjol di bidang Elementary dan Technical dan sangat lemah di bidang networking. Ini yang jadi salah satu kendala saya tidak bisa memulai menjadi seorang entrepreneur..hehe.

Sementara untuk kuadran bisa dan suka, baru ini saja yang kepikiran..hehe. Mungkin nantinya akan bertambah.

kuadran bisa dan suka

 

Leave a Reply

