Persahabatan itu…apakah murni..???

Sejauh yang kutau, kudengar, dan kualami sendiri, tidak ada yang namanya persahabatan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan tanpa di dalamnya ada perasaan yang tidak biasa, maksudnya perasaan lebih dari sekedar persahabatan. Entah apakah perasaan itu dimiliki oleh keduanya, atau hanya salah satunya saja..tetap saja ada sesuatu yang lebih…

Perasaan itu bisa saja sudah ada sejak awal, atau akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Terkadang bahkan tidak disadari keberadaannya, atau tidak dikenali. Yang kita rasakan hanyalah perasaan nyaman ketika berada di dekatnya, nyaman untuk berbicara lepas kepadanya dan menceritakan semua yang kita rasakan. Ini merupakan fase “tidak sadar” akan perasaan yang sesungguhnya. Lama kelamaan, satu hal yang aku sendiri belum mengerti bagaimana mekanismenya, perasaan ini akan tumbuh menjadi rasa care terhadap yang lainnya dan munculnya keinginan untuk selalu bersama dan saling mengayomi. Jika ini terjadi, berarti telah memasuki fase “sayang”.

Banyak orang yang berpendapat mana yang lebih kuat, perasaan cinta atau sayang. Aku sendiri berpendapat sayang itu jauh lebih kuat daripada hanya sekedar cinta. Cinta bisa tumbuh dalam sekejap dan hilang dalam sekejap pula. Sedangkan rasa sayang, butuh waktu yang sangat lama untuk menumbuhkannya, dan aku jamin itu akan abadi, tak akan pernah hilang. Untuk merasakan apakah itu cinta, diperlukan debaran-debaran khusus, namun tidak untuk sayang. Yang muncul hanyalah perasaan hangat yang menguar dari diri kita kita bertemu yang kita sayangi.

Jika diukur dari kedalaman pun, jelas sayang jauh lebih mendalam. Kata orang pun, dalam membina rumah tangga, rasa cinta itu hanya akan bertahan 1 hingga 2 tahun usia perkawinan. Selebihnya, rasa sayang dan rasa hormat lah yang akan menggantikan.

Aku mencoba memandang fenomena ini dari sisi lain, syar’i. Bagaimana menurut agama kita,  bila seorang laki-laki dan seorang wanita sering menghabiskan waktu bersama, mengobrol lepas dengan bebasnya, dan menyadari bahwa ada perasaan lebih dari sekedar teman biasa. Sekalipun kita tetap menjaga hijab, dan tidak menamai hubungan ini sebagai pacaran, apa itu masih dapat dibenarkan menurut ketentuan agama? Jika dilihat dari luar, ya, bisa dibenarkan, lagipula tidak ada orang yang tau apa yang sebenarnya kita rasakan. Tapi bagaimana dengan pikiran kita yang terus tertuju pada seseorang, menyisakan ruang di hati dan pikiran kita untuk seseorang yang khusus. Siapa yang tahu? Apa bedanya dengan pacaran jika begitu? apakah ini yang disebut dengan pacaran yang Islami, jika memang ada?

Aku mengungkapkan semua ini bukan berarti aku merasa aku selalu benar. Aku juga pernah berada dalam situasi seperti ini. Mengapa aku bisa menggambarkan detail perasaan itu, karena aku sendiri pernah merasakannya. Namun,  setelah aku mengerti, aku tau bahwa ada yang salah dengan hubungan ini, bukan seperti ini seharusnya. Sampai akhirnya, aku merasa harus melakukan sesuatu. Mundur. Pelan-pelan. Menjauh. Ini bukan jalan yang terbaik. Aku tidak akan pernah menyarankan ini kepada siapapun. Karena ini telah membuatku kehilangan salah satu sahabat terbaikku, tanpa aku bisa menjelaskan padanya mengapa aku melakukan ini. Aku menyesal, harus seperti ini akhirnya.

Untuk siapapun yang terlebih dahulu menyadari bahwa hubungan ini sudah terlalu dekat, bicarakan ini baik-baik dengan sahabatmu. Jelaskan padanya. Syukur-syukur dia bisa mengerti. Memang pasti sulit untuk mengakhiri. Tapi, coba kita pikir lagi, mana yang lebih utama, melakukan apa yang kita inginkan padahal itu salah, atau melakukan apa yang benar, padahal kita tidak menginginkannya?

Maaf, bukan bermaksud untuk menyinggung beberapa pihak, hanya sekedar ingin berbagi setelah melihat fenomena seperti ini di sekitarku.

Advertisements

6 thoughts on “Persahabatan itu…apakah murni..???

  1. saya setuju banget.. tidk lah murni persahabatan lawan jenis.. pasti ada bumbu2 lain… kebtulan sya jga nulis2 tentang ini di blog…
    lam kenal…

  2. rima..

    qm gak lg nyindir aq kaann??
    (smbil berfikir, aq ky gt g yaa, scr soulmate aq skrg cm ayu.. hohhoo..)

    aq setuju riim..
    every word you typed really is what i think..
    i’ve felt it, hm,, once, or twice, i forget,,
    but it really did hurt me so when i have to let him go..
    now,,
    i don’t wanna make a ‘close’ friend to that creature we usually call.. men…

    hahh..
    curcol..

    =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s