Tha Man in the Iron Mask

Aku sudah menonton film ini 2 kali. Tapi film ini tetap menarik sekalipun telah ditonton berkali-kali. Satu hal yang kusuka dari film ini, sebuah fakta sejarah yang mengejutkan. Sebenarnya, aku sendiri kurang tau bagian mana di film ini yang benar-benar fakta dan mana yang hanya rekaan semata. Memang, di awal cerita, dibilang juga sih kalau ada bagian yang hanya legenda tapi sebagian besar isi film ini adalah fakta.

Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini diproduksi tahun 1998. Singkatnya, film ini bercerita tentang Raja Louis XIV dari Perancis yang ternyata diketahui memiliki seorang saudara kembar. Hanya sedikit sekali orang yang mengetahui hal ini. Menariknya, sifat keduanya sangatlah bertolak belakang. Louis, adalah seorang raja yang angkuh, hanya mementingkan diri sendiri dan memerintah dengan semena-mena. Sedangkan Philippe, bayangkan saja semua sifat yang berkebalikan dari itu semua. Dengan bantuan The Musketeers (Aramis, Athos, Porthos, dan D’Artagnan), sang raja angkuh itu berhasil digantikan oleh saudara kembarnya, Philippe, yang tentu saja karena tidak banyak orang yang menyadari adanya pergantian raja ini, Philippe tetap menggunakan nama saudaranya, Louis XIV sampai ia meniggal. Dan dalam kepemimpinannya, Perancis berada dalam masa kejayaannya.

Lalu apa maksudnya the man in the iron mask? Lelaki di balik topeng besi, itulah Philippe selama hidupnya sebelum ditemukan oleh Aramis, Athos, dan Porthos. Ia dipaksa untuk masuk penjara Bastille dan menggunakan topeng besi supaya tidak ada orang yang menyadari bahwa sang raja memiliki saudara kembar.

Sedikit tentang Louis XIV (1638-1715), dia mendapatkan titel raja semenjak usianya 5 tahun, dan menjadi raja yang berkuasa paling lama, yaitu 72 tahun. Dia juga dijuluki Sun King atau Raja Matahari dan Louis yang Agung (Louis le Grand, atau Le Grand Monarque).

Mengenai benar atau tidaknya cerita ini, tidak ada orang yang tau sampai sekarang. Karena ada sumber lain yang memasukkan beliau ke nomor tiga sebagai orang paling misterius. Menurut sumber itu, Man In The Iron Mask (Meninggal November 1973) adalah tahanan yang dikurung di sejumlah penjara di Perancis (termasuk penjara legendaris, Bastille) pada masa pemerintahan Raja Louis XIV. Identitas pria ini tidak pernah diketahui karena tidak ada yang pernah melihat wajahnya yang disembunyikan dalam sebuah topeng kulit berwarna coklat. Sekarang kita tahu, bahwa sejak jaman dahulu, orang suka membesar-besarkan cerita karena pada kisah-kisah yang beredar, diceritakan bahwa topeng tersebut terbuat dari baja yang menjadi awal nama julukan yang diberikan kepadanya.

Menurut surat yang diberikan kepada kepala Penjara di Pignerol (Bénigne Dauvergne de Saint-Mars) tempat pertama pria tersebut dipenjarakan, nama pria tersebut adalah Eustache Dauger. Dalam surat itu juga diinstruksikan agar disiapkan sebuah sel yang dilapisi dengan beberapa pintu (untuk mencegah orang dari luar mendengar suara dari dalam sel). Selain itu, juga dikatakan bahwa bila pria tersebut berbicara kepada orang lain selain untuk hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pribadinya, dia akan dibunuh seketika.

Terlepas dari kebenaran cerita itu, aku ingin sedikit menyoroti pemainnya, Leonardo DiCaprio. Aku kagum pada aktor yang satu ini. Dalam setiap filmnya, pasti dia memerankan tokoh dengan watak yang jauh berbeda. Coba, lihat saja, mulai dari Titanic, Catch Me if You Can, The Aviator, Blood Diamond, The Beach, sampai film The Man in The Iron Mask ini. Aku memang belum menonton semua filmnya, tapi terlihat dia memang bisa memerankan semua tokoh itu dengan sangat baik. Apalagi di film The Man In the Iron Mask ini dia diharuskan untuk memerankan 2 tokoh yang kepribasiannya saling bertolakbelakang ini sekaligus. Well, dalam dunia akting, dia memang patut diacungi dua jempol.

Itu baru tentang Louis XIV saja yang kutau, masih banyak cerita sejarah lainnya yang menarik untuk diketahui. Huh, kenapa coba pas di SMA materi tentang Revolusi Perancis, Amerika, dan Inggris malah diilangin? Eh..malah diganti dengan materi-materi lain yang lebih ga penting dan tentunya lebih membosankan…

Advertisements

7 thoughts on “Tha Man in the Iron Mask

  1. the man in the iron mask,,,,,emang se filmnya gak ngebosenin,,,,,,tokoh utamanya jga aktor ngetop hollywood,,,,,eah walaupun skarang film terbarunya kalah pamor sma keong racun jojo shinta yg jdi trending topic di twitter,,,,tpi yg namany leonardo di caprio mah tetep yahuudddddd,,,,,memerankan 2 watak yg berbeda tu sulit loh,,,,,jdi raja louis dan kmbarannya yg ga bnyak org tau,,,,huh,,,,q emang bkan org yg melek sejarah,apalagi q bkan org jurusan sosial,,,,,tpi klo smua sejarah difilmkan,,,,mungkin bisa jdi sejarah yg gak akan terlupakan,,,,,knpa ea kok gak ada film soal kehidupan lady diana,,,,,hahaha

    1. setuju!! film apapun yang dibintangi Leo pasti TOP!! saya juga bukan orang sosial, tapi memang pencinta sejarah..:)
      saya juga berharap para sineas2 lokal maupun internasional tu sering2 deh bikin film kayak gini..kan nambah wawasan juga..:)

  2. udah pernah klo ngak salah tayang di tv…. ceritanya lupa2 ingat ternyata udah pernah liat… mau liat lagi nih.. mau download di solarmovie dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s