Preambule..

Yang bisa  kukatakan sebagai pembukaan adalah…fuihh..!! akhirnya…

Akhirnya,,aku berani mengambil satu langkah awal untuk membuat sebuah perubahan. Dimulai dari diri sendiri dulu, karena jangankan untuk merubah sebuah hal yang besar, memaksa diri untuk memulai sesuatu pun sangat sulit.

Aku juga heran kenapa aku begitu sulit untuk memulai sesuatu, dalam hal ini menulis. Aku pribadi memang bukan tipe orang yang dapat dengan mudah untuk mengungkapkan apa yang ada di pikiran. Terkadang,,semua yang ingin  kukatakan sudah ada di ujung mulut, tapi yang terjadi kemudian ada dua kemungkinan:

  1. kemungkinan pertama, kata-kata itu tidak jadi keluar, karena seperti ada tahanan yang tidak mengizinkannya untuk keluar
  2. kemungkinan kedua, kata-kata itu akhirnya keluar juga, tapi tidak dalam satu kesatuan kalimat yang utuh dan enak didengar. seolah-olah semua kata-kata itu berlomba-lomba ingin keluar duluan tanpa menghiraukan urutan kapan seharusnya mereka keluar

Seorang teman pernah menyarankan untuk menulis, supaya kita bisa belajar untuk merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang benar. OK..aku coba untuk menulis di buku harian. Tapi, karena sulit untuk memulai itu tadi, buku harian yang memang seharusnya diisi harian, hanya  kuisi ketika sedang mood saja.

Tapi, aku merasa kemampuan berbahasaku menjadi lebih baik setelah banyak berbincang dengan temanku yang satu itu. Pemikirannya yang kritis dan cara penyampaiannya yang bagus mengajariku cukup banyak.

Kemudian, niat untuk menulis lewat media lain, yaitu blog ini baru ada ketika akan memasuki tahun keduaku di FK. Temanku yang lain yang memang sudah lebih dulu menulis di blog pribadinya, mengajariku pentingnya sebuah dokumentasi kehidupan.

Memang, kalau dipikir-pikir akan sangat disayangkan jika event-event dalam hidup kita terlewatkan begitu saja. Akan ada banyak sekali mozaik kehidupan yang sangat menarik untuk diceritakan kembali. Bahkan, siapa tau bisa menginspirasi orang lain..^^

Apalagi kedepannya aku akan banyak berkutat di dunia kedokteran, yang pastinya akan banyak sekali pengalaman menarik yang sayang jika tidak dibagi. Pada sat ko-ass misalnya, pertama kalinya menangani  pasien secara langsung, sebuah ajang realisasi pendidikan yang sudah didapat sebelumnya. Mulai dari pengalaman-pengalaman lucu, mungkin, sampai sejuta pelajaran moral yang akan sangat berharga sebagai bekal kehidupan kita kedepannya.

Jadi, dengan menulis berarti kita tidak melupakan masa lalu, memanfaatkan saat ini, dan bisa merencanakan masa depan…

Untuk siapapun yang juga mengalami hal yang sama,,Mulailah sekarang juga..!! Sekalipun sulit pada awalnya, tapi itu tak akan berlangsung lama. Dan jangan pernah merasa terlambat, karena tak pernah ada kata terlambat untuk berubah.

Ingatlah bahwa dari 1000 mil perjalanan panjang yang akan kita tempuh, pasti berawal dari satu langkah kecil…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s